10 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

10 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan dalam Dunia Kerja – Jurusan yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja harus menjadi prioritas ketika calon mahasiswa memutuskan untuk kuliah. Selain mempersiapkan kuliah atau dunia kerja, sangat penting untuk mengetahui jurusan yang sesuai dengan passion Anda. Mencari tahu tentang prospek pekerjaan masa depan tentang jurusan kuliah Anda akan membuat Anda lebih siap untuk dunia kerja. Mulai sekarang Anda harus mulai merencanakan kuliah dan karir Anda sendiri.

Daftar Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Berikut 10 jurusan kuliah yang dikumpulkan dari berbagai sumber, yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

1. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan pertama yang menjanjikan adalah Jurusan Teknik Informatika. Mahasiswa jurusan ini dibentuk untuk menjadi ahli di bidang teknologi. Bahkan, di jurusan ini kamu juga akan belajar tentang pemrograman hingga pembuatan aplikasi. Oleh karena itu, lulusan Jurusan Teknik Informatika akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda tidak tertarik dengan jurusan ini?

2. Jurusan Kedokteran

Selama manusia ada di bumi, tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan. Oleh karena itu, Jurusan Kedokteran merupakan salah satu jurusan dalam keluarga Sains dan Teknologi yang banyak diminati oleh mahasiswa sains. Hal ini dikarenakan prospek pekerjaan yang menjanjikan dari Jurusan ini yang akan selalu dibutuhkan setiap saat. Jadi, jangan ragu untuk memilih jurusan ini jika Anda pandai sains, seperti Biologi. Baca juga: Pendaftaran Sekolah Resmi Akan Segera Dibuka, Simak 7 Jenis Tes yang Wajib Dilewati

3. Jurusan Teknik Elektro

Selanjutnya ada Jurusan Teknik Elektro yang ilmunya sangat berpengaruh terhadap perkembangan peradaban manusia. Yap, kebutuhan ilmu dari jurusan ini memang terbukti dibutuhkan hingga saat ini. Siswa tidak hanya belajar tentang listrik, tetapi juga telekomunikasi. Tanpa lulusan jurusan ini, perkembangan teknologi internet dan komunikasi mungkin tidak sebaik sekarang.

4. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang relatif baru di Indonesia. Padahal, di tahun 2021 hanya Universitas Airlangga yang memiliki jurusan ini. Lahirnya Jurusan ini menunjukkan bahwa dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan. Jadi, apakah Anda ingin menjadi salah satu SDM yang kompeten?

5. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin merupakan jurusan yang menangani mesin-mesin yang digunakan pada berbagai objek teknologi. Tidak hanya itu, kursus ini juga akan membuat Anda belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot. Namun, untuk masuk jurusan ini, Anda harus memiliki pengetahuan dasar sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia.

6. Jurusan Teknik Biomedis

Kata teknik tidak hanya melekat pada informatika, teknik elektro, dan permesinan, tetapi juga kedokteran. Jurusan Teknik Biomedik merupakan gabungan antara Teknik dan Ilmu Kedokteran yang mempelajari desain alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan. Maka, Jurusan ini hadir untuk mengembangkan teknologi kesehatan guna mengembangkan industri alat kesehatan di Indonesia.

7. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak akan pernah mati. Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada penggunaan komputer dan teknologi informasi membuat jurusan ini banyak diminati oleh mahasiswa IPA. Lalu bagaimana rasanya kuliah di jurusan ini? Namun, di Jurusan Ilmu Komputer Anda akan dibentuk menjadi mahasiswa yang berwawasan global dan responsif terhadap kebutuhan dunia di bidang komputer dan teknologi informasi.

8. Jurusan Teknologi

Informasi Jurusan selanjutnya yang masih berkaitan dengan teknologi adalah Jurusan Teknologi Informasi. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari konsep dasar komputasi dan matematika, prinsip-prinsip teknologi informasi, hingga pengelolaan dan evaluasi sumber daya informasi. Karena mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan informasi, jurusan ini akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan.

9. Jurusan Statistika

World Economic Forum menyatakan bahwa salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist. Nah, salah satu jurusan dalam menghasilkan lulusan yang mampu bekerja di bidang ini adalah Jurusan Statistika. Pasalnya, mahasiswa Jurusan Statistika akan diajarkan bagaimana mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menafsirkan, dan menyajikan data.

10. Jurusan Ekonomi

Jurusan Ekonomi merupakan jurusan yang mempelajari strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tidak terbatas, sehingga dapat mencapai kesejahteraan. Kemampuan merumuskan strategi seperti itu juga dibutuhkan dalam pemerintahan

Leave a Reply

Your email address will not be published.