Universitas Manajemen Terbaik di Indonesia

6 Universitas Manajemen Terbaik di Indonesia

6 Universitas Manajemen Terbaik di Indonesia – Bagi yang sudah yakin dengan jurusan impiannya, tugas selanjutnya adalah mengikuti ujian masuk universitas. Salah satu jurusan yang saat ini banyak diminati oleh lulusan SMA adalah jurusan manajemen.

Universitas Manajemen Terbaik di Indonesia – Memilih jurusan kuliah setelah lulus SMA atau sederajat bukanlah hal yang mudah. Bahkan ada yang mengikuti tes sidik jari untuk mengetahui minat dan bakatnya, sehingga jurusan yang dipilih sesuai dengan potensinya. Ada juga yang mengikuti psikotes dan sejenisnya. Bagi yang sudah yakin dengan jurusan impiannya, tugas selanjutnya adalah mengikuti ujian masuk universitas. Salah satu jurusan yang saat ini banyak diminati oleh lulusan SMA adalah jurusan manajemen.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen dianggap sebagai jurusan yang identik dengan bisnis, dan mudah untuk mendapatkan peluang kerja. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Ada banyak perusahaan dan perkantoran yang membutuhkan lulusan manajemen. Namun, tahukah Anda hal-hal apa saja yang akan Anda pelajari saat mempelajari manajemen?

Manajemen bisa disebut sebagai ilmu tertua di dunia. Sejak kehidupan manusia dimulai, manajemen telah diterapkan dalam bidang perencanaan, pengaturan, dan manajemen untuk mencapai tujuan. Kehidupan manusia yang erat kaitannya dengan pembagian peran dan tanggung jawab seperti perempuan yang berada di rumah untuk memasak dan laki-laki yang berada di luar rumah untuk bekerja dapat dikategorikan sebagai pembagian tanggung jawab. Tak heran jika jurusan manajemen diasumsikan lebih diterima di masyarakat dan mendapatkan kesempatan kerja yang luas karena contoh-contoh tersebut.

Manajemen tidak hanya diterapkan dalam kehidupan di rumah. Dalam dunia bisnis, penerapan manajemen bahkan sangat kompleks. Selain teori manajemen pembelajaran, Anda juga akan diajarkan keterampilan melalui magang dan penempatan kerja. Harapannya, setelah lulus dari jurusan manajemen, mahasiswa mampu memposisikan diri dan mengetahui karir apa yang akan ditempuh selanjutnya.

Daftar Universitas Manajemen Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Jika Anda ingin masuk salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia, Anda bisa memilih jurusan manajemen yang ditawarkan oleh Universitas Indonesia. Persaingan ketat untuk menjadi mahasiswa UI akan menjadi tantangan tersendiri. Jurusan manajemen berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang beralamat di Jalan Prof. DR. Sumitro Djojohadikusumo, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424.

Ada tiga departemen di fakultas, yaitu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Jika Anda ingin mempelajari lebih spesifik tentang manajemen, Anda dapat pergi ke Departemen Manajemen. Ada juga kesempatan untuk belajar tentang sistem bisnis syariah di Program Studi Bisnis Islam. Alumni manajemen UI telah bekerja di berbagai perusahaan dan berkontribusi untuk Indonesia, seperti Sri Mulyani, Tasya Kamila, Andrea Hirata, Tere Liye, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Tak jauh berbeda dengan Universitas Indonesia, jurusan manajemen yang ditawarkan Universitas Gadjah Mada pun tak kalah populer. Persaingan untuk menjadi salah satu mahasiswa UGM juga sangat ketat. Bahkan, beberapa sudah berkali-kali diuji agar bisa diterima di jurusan manajemen UGM. Anda bisa memilih Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM yang khusus membahas perkuliahan dari manajemen hingga bisnis. Lokasi fakultas berada di Jalan Sosio Humaniora, Bulaksumur No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Manfaat belajar manajemen di UGM sangat beragam. Anda tidak hanya belajar di lingkungan yang terdiri dari mahasiswa Indonesia, tetapi juga mahasiswa asing dari berbagai negara. Tertarik untuk melanjutkan studi di UGM? Masih terbuka peluang untuk magister (S2) dan doktor (S3) terkait manajemen. Dengan memilih jurusan MBA untuk orang yang sudah bekerja, Anda bisa mendapatkan gelar master. Ada juga penawaran kelas eksekutif dengan kuliah akhir pekan atau malam hari. Alumni UGM jurusan manajemen yang pernah berkiprah di lingkungan pemerintahan hingga menjadi orang sukses antara lain Moechtar Talib.

3. Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB)

Ternyata universitas yang terkenal dengan jurusan teknik ini tidak hanya menawarkan program studi yang berhubungan dengan teknik saja. Bahkan, Anda bisa mendapatkan program studi manajemen dengan kuliah di ITB. Sekolah jurusan bisnis dan manajemen ini berdiri sejak tahun 2003 dan terus berkembang hingga sekarang. Jika Anda telah menyelesaikan pendidikan sarjana Anda, Anda juga dapat melanjutkan gelar master Anda di Magister Administrasi Bisnis dan Magister Ilmu Manajemen serta gelar doktor dalam ilmu manajemen.

4. IPMI International Business School

IPMI International Business School yang berlokasi di Kalibata, Jakarta ini sebenarnya bukan Universitas Negeri. Sebagai universitas swasta, kampus ini sebenarnya dikenal sebagai sekolah bisnis yang perkuliahannya menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan seperti Harvard University. Anda dapat memperoleh gelar sarjana dalam studi manajemen jurusan Akuntansi dan Keuangan, Kewirausahaan dan Manajemen, dan Bisnis Internasional. Tertarik untuk melanjutkan studi di IPMI International Business School? Kampus ini juga menawarkan program studi Magister Manajemen di tingkat Magister.

5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Negeri di Semarang ini juga menjadi kampus favorit. Selain menawarkan banyak program studi terakreditasi A, kampus UNDIP juga memiliki jurusan bisnis terbaik di Indonesia. Jika Anda berminat mengambil jurusan ekonomi, pada jenjang sarjana Anda bisa langsung memilih program studi Manajemen, Ekonomi dan Pembangunan, Akuntansi, hingga Ekonomi Islam. Setiap program studi menawarkan karir yang menjanjikan.

Siswa yang ingin mendapatkan gelar master. Terdapat program studi untuk jenjang Magister, seperti Magister Manajemen, Akuntansi, dan Studi Ekonomi dan Pembangunan. Ada juga kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang doktor di program studi Doktor Ilmu Ekonomi. Jangan khawatir, semua program studi di UNDIP terakreditasi ‘A’.

6. Universitas Airlangga (UNAIR)

Surabaya adalah tempat studi pilihan bagi siswa yang tinggal di Jawa. Terkadang pendatang dari luar Jawa juga memanfaatkan Surabaya sebagai lokasi untuk mencari tempat belajar yang dianggap sesuai dengan passion mereka. Jika Anda tertarik menjadi mahasiswa Jurusan Bisnis Universitas Airlangga, Anda tidak hanya akan belajar teori saja. Dengan masuk ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR, Anda juga akan mendapatkan bimbingan dari dosen yang berpengalaman dan materi kuliah yang kontekstual, serta kesempatan untuk praktek langsung. Jurusan apa yang bisa dipilih calon mahasiswa? Sesuaikan saja dengan passion kamu karena ada jurusan Manajemen, Ekonomi, Ekonomi Syariah, dan Akuntansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.