Daftar Universitas Prodi Ilmu Kelautan dengan Akreditasi A

Daftar Universitas Prodi Ilmu Kelautan dengan Akreditasi A

Daftar Universitas dengan Prodi Ilmu Kelautan dengan Akreditasi A – Indonesia sebagai negara kepulauan paling besar di dunia yang terbagi dalam belasan ribu pulau. Bahkan juga 2/3 daerah Indonesia terhitung kelompok perairan. Karakter geografis ini juga yang jadikan Indonesia itu kaya kekuatan bahari. Sayang, sumber daya manusia untuk memprosesnya nampaknya belumlah cukup maksimal.

Oleh karenanya, mempelajari keilmuan di bagian ini sebagai opsi yang tidak kalah menarik, nih. Ilmu Kelautan atau Oseanologi itu datang dari kata ‘oceanos’ yang memiliki arti laut dan ‘logos’ yang memiliki arti ilmu. Secara singkat, Oseanologi pelajari beragam faktor mengenai ‘laut’ komplet dengan pengkajian fisika, kimia, biologi dan geologinya terhitung biota dan sumber energinya, bahkan juga hukum-hukum yang berjalan berkaitan laut.

Nach, untuk kamu yang tertarik sama sektor itu, ini jejeran perguruan tinggi negeri dengan program studi Ilmu Kelautan yang sudah kantongi akreditasi A dari BAN-PT.

1. Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat

Institut Pertanian Bogor yang bernaung di bawah Kopertis IV ini raih akreditasi A untuk program studi Ilmu dan Teknologi Kelautan bernomor SK yakni 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 dan berlaku semenjak 2013 sampai 22 November 2018.

Program studi Ilmu dan Teknologi Kelautan yang disebut sisi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di universitas ini sudah terakreditasi secara internasional, lho. Program studi ini tawarkan keunggulan berbentuk ilmu dan Teknologi kelautan saat lakukan pengkajian karakter-sifat dan proses fisika, kimiawi di laut, hubungan fisika dan kimiawi dengan organisme di laut.

Dan mode numerik untuk mensimulasi dinamika gerakan air laut dan perkiraan tebaran sampah atau material yang lain, mode perkiraan eksploitasi sumberdaya dan wilayah laut, mode kenaikan kualitas komunitas, IPTEK akustik dan instrumentasi, SIG (system Info Geografi) kelautan, design instrument untuk eksploitasi sumberdaya dan wilayah laut, dan sediakan jasa diskusi.

2. Universitas Padjadjaran, Jawa Barat

Universitas Padjajaran yang bernaung di bawah Kopertis IV ini raih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan bernomor SK yakni 2368/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 dan berlaku semenjak 2016 sampai 20 Oktober 2021.

Program studi ini bernaung di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan penekanan pada sektor pengkajian Bioteknologi Kelautan yakni implementasi Teknologi pada organisme laut untuk hasilkan produk yang berguna.

Alumnus dari Ilmu Kelautan di Universitas Padjajaran diharap mempunyai kekuatan saat lakukan aktivitas membuat gagasan, design, mode pendayagunaan kekuatan sumber daya hayati laut dengan mengaplikasikan pengetahuan dan beberapa prinsip pelestarian sumber daya dan wilayah laut.

3. Universitas Jenderal Soedirman, Jawa Tengah

Universitas Jenderal Soedirman yang bernaung di bawah Kopertis VI ini raih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan bernomor SK yakni 5125/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 dan berlaku semenjak 2017 sampai 17 Desember 2022.

Bernaung di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, program studi ini mempunyai misi jadi program studi yang bereputasi internasional untuk meningkatkan dan mengaplikasikan ilmu dan Teknologi kelautan dalam eksploitasi, eksploitas dan pelestarian sumberdaya laut terus-menerus yang berbasiskan kearifan.

Dan tugasnya ialah mengadakan proses evaluasi yang aktif sesuai perubahan ilmu dan teknlogi kelautan, melakukan riset dan pengkajian di bagian ilmu dan Teknologi kelautan dalam sektor eksploitasi, eksplorasi dan pelestarian sumberdaya laut terus-menerus yang berbasiskan kearifan lokal, dan lakukan diseminasi dan mengaplikasikan hasil penelitian lewat publisitas, dedikasi warga dan pengkayaan bahan ajar

4. Universitas Diponegoro, Jawa Tengah

Universitas Diponegoro yang bernaung di bawah Kopertis VI ini raih akreditasi A untuk prodi Ilmu Kelautan bernomor SK yakni 0409/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016 dan berlaku semenjak 2016 sampai 20 Mei 2021.

Ilmu Kelautan sebagai salah satunya program studi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program studi ini mempunyai misi menjadi unggul dalam sektor pelestarian dan bioteknologi kelautan di Indonesia. Alumnus dari Ilmu Kelautan ini diharap memikul kapabilitas COMPLETE (Communicator, Profesional, Leader, Pengusaha, Thinker, Educator) yang sanggup lakukan tunjukkan kerja dengan memakai ide, teori dan sistem sektor Ilmu Kelautan terutamanya pelestarian biodiversitas kelautan dan bioteknologi kelautan.

5. Universitas Trunojoyo Madura di Propinsi Jawa Timur

Universitas Trunojoyo Madura yang bernaung di bawah Kopertis VII ini raih akreditasi A untuk program studi Ilmu Kelautan bernomor SK yakni 1925/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017 dan berlaku semenjak 2017 sampai 13 Juni 2022.

Nach, program studi Ilmu Kelautan di universitas ini berada dalam Fakultas Pertanian, lho. Program studi itu mempunyai misi untuk berstandar nasional dalam meningkatkan sumberdaya Madura berbasiskan kekuatan sumber daya pesisir dan laut, intinya sektor garam, biologi laut, dan oseanografi.

Dan salah satunya tugasnya ialah memikulgan kekuatan sumberdaya pesisir dan laut, intinya sektor garam, biologi laut, dan oseanografi dan melakukan aktivitas riset di bagian itu untuk hasilkan publisitas ilmiah pada tingkat nasional dan international.

Leave a Reply

Your email address will not be published.