16 Jurusan Untuk Anak IPA yang Menjamin Masa Depan

16 Jurusan Untuk Anak IPA yang Menjamin Masa Depan

16 Jurusan Untuk Anak IPA  – Jurusan kuliah untuk anak IPA sangat beragam jika Anda memilihnya. Terlebih lagi, sains itu sendiri mempelajari biologi, kimia, dan fisika, memberikan banyak pilihan bagi anak-anak sains untuk melanjutkan pendidikannya.

Memasuki dunia perguruan tinggi selalu menjadi masa yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa kelas 12. Apalagi untuk menentukan apakah ingin mengambil jurusan sains di perguruan tinggi tahun depan. Kemudian untuk mempersiapkan segala sesuatunya, mulai sekarang semua informasi mengenai jurusan kuliah untuk anak sains perlu diserap semaksimal mungkin.

Program Kesehatan Untuk Anak IPA Menjamin Masa Depan

1. Kedokteran

Peminat jurusan Kedokteran selalu ramai setiap tahunnya. Anda dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, kementerian kesehatan, atau mendirikan klinik sendiri. Kalau dihitung dari kuliah, kost, dan magang, paling tidak butuh waktu 7 tahun untuk mendapatkan izin praktik atau STR. Hmm, sudah lama, tapi sepadan dengan gajinya hehe. Apalagi jika melanjutkan studi ke dokter spesialis. Bisa puluhan juta per bulan!

2. Kedokteran Gigi

Kesehatan mulut sama pentingnya dengan organ tubuh lainnya. Ada ribuan mahasiswa yang memilih jurusan Kedokteran Gigi. Sama seperti Kedokteran, Anda harus belajar selama 7 tahun. Jika Anda ingin mengambil spesialis, Anda bisa. Misalnya, spesialis konservasi gigi (Sp.KG) yang fokus pada estetika gigi, seperti bleaching atau scaling.

3. Kebidanan

Salah satu profesi mulia, membantu kehidupan ibu dan bayi. Selain belajar tentang persalinan, Anda akan menerima kursus perawatan bayi, konsep remaja dan pranikah, dan keluarga berencana. Menarik ya? Program studi ini tersedia pada jenjang D3, D4, dan S1. Departemen kebidanan tersedia di universitas, politeknik, dan akademi. Setelah lulus, Anda mendapatkan S.Keb atau Bd.

4. Keperawatan

Jika Anda memiliki jiwa sosial dan empati yang tinggi terhadap orang lain, jurusan keperawatan mungkin tepat untuk Anda. Berbeda dengan dokter yang menganalisa penyakit, perawat akan memberikan pelayanan dari sakit hingga sembuh. Terampil, gesit, dan mampu berkomunikasi dengan baik merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang perawat. Oh ya, Anda harus menjalani pendidikan keperawatan profesional sebelum bisa bekerja.

5. Apotek

Apakah kamu menyukai mata pelajaran kimia, fisika, dan biologi? Ini baik untuk pergi ke Farmasi. Di jurusan ini, Anda diajarkan cara memformulasi senyawa untuk makanan, minuman, dan kosmetik. Itu sebabnya lulusan Farmasi tidak harus bekerja sebagai apoteker. Peluang kerja sangat luas, Anda bisa menjadi product developer di perusahaan skincare, quality control, peneliti, dosen, dan lain-lain.

6. Kesehatan Masyarakat

Jangan salah paham, kursus ini bukan untuk mengobati pasien, tetapi untuk tindakan preventif (pencegahan) bagi orang yang sehat agar tidak sakit. Karena berhubungan dengan masyarakat, Anda bisa bekerja di kementerian kesehatan, kementerian sosial, atau organisasi dunia seperti WHO. Jurusan Kesehatan Masyarakat bisa Anda temukan di UNAIR, UNHAS, UNDIP, UNNES, USU, dan UI.

Program Teknik Untuk Anak IPA Menjamin Masa Depan

1. Teknik Kimia

Departemen Teknik Kimia menggabungkan ilmu alam dan kimia eksperimental, fisika, biologi, matematika, ekonomi, hingga desain. Wah, dengerin ceramah aja udah pusing. Tapi, kalau kamu suka eksperimen, kamu bisa masuk jurusan ini. Setelah lulus, alumni Teknik Kimia akan bekerja sebagai staf penelitian & pengembangan, ahli pertambangan, ahli makanan, ahli perminyakan, dan sebagainya.

2. Teknik Industri

Dijuluki sebagai jurusan “non-teknis”. Teknik Industri mempelajari bagaimana memanfaatkan sumber daya untuk kelangsungan bisnis. Dengan menggabungkan mata kuliah teknik dan manajemen, peluang karir untuk jurusan Teknik Industri sangat terbuka lebar. Anda bisa bekerja di perusahaan manufaktur, start-up, atau pegawai negeri. Pokoknya ilmu yang didapat bisa banget diterapkan di hampir semua bidang pekerjaan.

3. Teknik Informatika

Jurusan favorit anak-anak sains! Teknik Informatika mempelajari teori dan algoritma, kecerdasan buatan, pengembangan perangkat lunak, dan pemrograman. Hasilnya bisa kamu temukan di aplikasi di smartphone kamu, misalnya aplikasi Ruangguru atau Roboguru :p Diperkirakan lulusan Teknik Informatika akan terus dicari selama 10 tahun ke depan, sebagai pengembang aplikasi, web designer, atau konsultan IT.

4. Teknik Komputer

Nah, jurusan ini merupakan gabungan dari mata kuliah Teknik Informatika dan Teknik Elektro. Anda akan belajar tentang perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer. Kemudian, Anda harus menguasai mata pelajaran matematika, karena Anda akan bertemu mata kuliah Kalkulus, Logika, Algoritma, dan Probabilitas. Jurusan Teknik Komputer tersebar di PTN dan PTS dengan jenjang studi D3, D4, hingga S1. Psst, persaingan di jurusan ini cukup ketat lho!

5. Teknik Telekomunikasi

Pekerjaan apa yang Anda pikirkan? Jadi tukang reparasi WiFi? Tidak, jurusan Teknik Telekomunikasi mempelajari teknologi, protokol, layanan, desain, dan teknik untuk mengirim informasi broadband. Prospek pekerjaan jurusan teknik telekomunikasi akan terkait dengan 4 bidang, yaitu: ICT, Broadcasting, Digital, dan Enterprise. Saat ini terdapat jurusan Teknik Telekomunikasi di Telkom University, Institut Teknologi Bandung, dan beberapa politeknik.

Program Matematika Dan Sains Untuk Anak IPA Menjamin Masa Depan

1. Statistik

Pada jurusan Statistika Anda diajarkan cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk mengambil keputusan di perusahaan. Meski berhubungan dengan angka, Anda akan dibantu dengan software pengolah data seperti SPSS agar hasil perhitungannya lebih akurat. Lulusan statistik sangat diminati di masa depan. Mereka bisa menjadi analis, data scientist, konsultan investasi, hingga bankir.

2. Matematika

Banyak yang mengira bahwa jurusan Matematika hanya bisa menjadi tutor. Bahkan, Anda bisa memilih beberapa peminatan saat kuliah, seperti: Aljabar, Matematika Terapan, dan Ilmu Komputer. Lulusan matematika dapat bekerja di e-commerce, industri perbankan, asuransi, dan lain-lain. Sekarang banyak lowongan yang persyaratannya lulusan STEM (Science Technology Engineering Mathematics). Anda bisa menjadi ilmuwan data, aktuaris, analis data, bahkan insinyur perangkat lunak.

Program Pertanian Dan Peternakan Untuk Anak IPA Menjamin Masa Depan

1. Bioteknologi

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan bagian-bagian makhluk hidup untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat bagi manusia. Kampus jurusan bioteknologi adalah UGM, UB, ITB, Universitas Pelita Harapan, atau Universitas Atmajaya. Prospek pekerjaan adalah sebagai peneliti, ahli makanan, dan karir di industri kesehatan.

2. Agribisnis

Tahukah Anda bahwa aplikasi belanja sayur dan buah online sudah mulai bermunculan? Artinya lulusan Agribisnis akan terus dicari untuk beberapa tahun ke depan. Ditambah kekayaan Indonesia yang tiada habisnya, membuat peluang Anda semakin terbuka lebar. Anda bisa membuat produk makanan baru, memulai perusahaan teknologi pengolahan hasil pertanian, atau menjadi pengusaha sukses. Jurusan ini bisa Anda temukan di beberapa perguruan tinggi negeri, salah satunya IPB University.

3. Peternakan

Mahasiswa di jurusan ini tidak hanya belajar beternak, tetapi juga mengembangkan teknologi peternakan dan memasarkan produknya. Selain mempelajari biologi, Anda juga dibekali dengan keterampilan ekonomi, manajemen, dan sosiologi. Setelah lulus, mahasiswa Peternakan dapat bekerja sebagai wirausahawan, pengendali mutu, dan dosen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.