Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik di Indonesia – Dari beberapa universitas yang sediakan jurusan musik, ada beberapa universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia, yang harus masuk ke daftar referensi. Antara daftar itu, beberapa salah satunya kemungkinan kamu tidak asing, karena telah populer di Indonesia.

Institut Kesenian Jakarta atau IKJ, sebagai salah satunya universitas yang kenyataannya tempati urutan kesatu, sebagai universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia.

Selanjutnya ada pula Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia Padang Panjang, yang susul IKJ sebagai universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia.

Hal itu tidak lain karena, semua universitas itu sediakan sarana komplet, untuk menampung kekuatan dan kreasi beberapa mahasiswanya.

Tetapi selainnya tiga universitas itu, masih ada universitas yang lain yang sediakan jurusan musik terbaik di Indonesia, yang salah satunya akan dibahas selengkapnya pada artikel Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik satu ini. Baca bersama, yok!

1. Institut Kesenian Jakarta

Universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia yang pertama, yakni Institut Kesenian Jakarta, atau yang dikenali dengan panggilan IKJ.

Universitas yang disahkan langsung oleh Presiden Soeharto pada 1976 ini, dapat disebut sebagai universitas yang banyak dicari beberapa siswa, karena telah banyak melahirkan musisi-musisi populer dan berkualitas di Indonesia, seperti Lugas dan Iwan Fals.

Hal tersebut tidak lain karena, universitas ini sediakan banyak fakultas yang sanggup menampung secara eksklusif, ketertarikan dan talenta beberapa mahasiswanya.

Mirip contoh S1 Seni Musik, jurusan itu di IKJ ada di bawah lindungan Fakultas Seni dan Atraksi.

Yang mana, selainnya Seni Musik, Fakultas Seni dan Atraksi memayungi jurusan Seni Tari, Etnomusikologi, Seni Teater dan Antropologi Tari.

Maka bila kamu tertarik sama sektor-sektor itu, kamu dapat masuk ke salah satunya jurusan di Fakultas Seni dan Atraksi Institut Kesenian Jakarta.

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Jadi sisi dari universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia, Institut Seni Yogyakarta atau yang dikenali dengan ISI Yogya, mendatangkan banyak jurusan berkaitan Seni Musik yang paling komplet.

Di universitas ini, kamu dapat mendapati jurusan Seni Musik, etnomusikologi, tari dan teater, pembuatan musik, karawitan, sampai pendalangan di Fakultas Seni Atraksi.

Dengan adanya banyak jurusan yang didatangkan itu, jadi tidak bingung jika universitas ini sukses cetak banyak seniman-seniman tanah air yang populer, seperti Didik Nini Thowok, Butet Kartaredjasa, Edhi Sunarso dan lain-lain.

3. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Dalam daftar ini, kelihatannya kehadiran ISI cukup memimpin. Bila awalnya ada ISI Yogyakarta, sekarang ada ISI Padang Panjang yang jadi sisi dari universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia.

Masalahnya universitas ini mempunyai beberapa jurusan yang telah hasilkan banyak seniman-seniman professional, salah satunya yakni jurusan Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Teater, dan tentu saja Seni Musik.

Menyaksikan jumlahnya jurusan yang didatangkan, karena itu benar-benar lumrah bila universitas yang telah berdiri semenjak 1965 ini, masuk ke salah satunya universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia.

4. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung

Tempati urutan ke-4 sebagai universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia, Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung atau yang dipersingkat STiMB, mempunyai program studi S1 Seni Musik, dengan beragam jurusan menarik, misalnya:

  • Vocal
  • Piano
  • Keyboard
  • Gitar Classic
  • Gitar Elektrik
  • Bass Elektrik
  • Perkusi
  • Drum
  • Biola
  • Cello
  • Flute
  • Contrabass
  • Saxophone
  • Oboe
  • Clarinet
  • Trumpet
  • Trombone

Semua fokus atau jurusan itu, didatangkan oleh universitas asal Bandung ini, untuk memberikan dukungan dan menampung angkatan muda dalam mempertajam kekuatannya, supaya makin masak dan berkualitas.

Selainnya datang dalam program studi S1 Seni Musik, universitas ini mendatangkan program studi D3 Penyaji Musik Terkenal, sebagai opsi buat kamu yang lebih tertarik sama sektor itu.

5. Universitas Pelita Harapan

Siapa antara kamu yang telah terkenal dengan Universitas Pelita Harapan? Bila kamu tinggal di tempat Jabodetabek, kelihatannya kamu sangat mengenali universitas yang ini.

Ya, Universitas Pelita Harapan atau yang dipersingkat UPH, sebagai salah satunya universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia, yang sediakan program studi S1 Seni Musik dengan beragam jurusan menarik.

Adapun jurusan yang disediakan prodi tersebut, antara lain Music Education, Classical Performance, Jazz & Pop Music Performance, Music Therapy, Church Music Ministry, Sound Design & Music Production, Performing Arts Production & Management, serta Music Composition & Film Scoring.

Dari semua jurusan yang disiapkan, dapat disaksikan bukan jika semua bagus sekali untuk diulik? Karena itu, masuknya universitas ini ke daftar universitas dengan jurusan musik terbaik di Indonesia bukan suatu hal yang mengagetkan, ingat ketertarikan beberapa siswa pada sektor itu juga tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.