Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

17 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia – Mereka yang memutuskan untuk mengambil jurusan akuntansi harus memahami apa yang akan mereka alami di masa depan. Secara umum mata kuliah akuntansi yang akan diperoleh adalah semua jenis akuntansi keuangan, manajemen, biaya, kemudian analisis serta laporan keuangan dan pajak.

Selain itu, akuntansi juga mencakup auditing dan sistem informasi akuntansi. Yang tidak kalah pentingnya adalah bidang studi akuntansi sektor publik dan akuntansi pemerintahan. Tidak bisa dipungkiri jurusan ini memang jurusan yang pasti akan mendapatkan peluang kerja yang cukup besar.

Daftar Universitas Terbaik untuk Jurusan Akuntansi

Memang hampir semua universitas di Indonesia memiliki jurusan akuntansi. Namun, ada beberapa universitas yang telah menghasilkan akuntan handal. Beberapa universitas tersebut adalah:

1. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Tentu tidak ada yang bisa membantah jika salah satu universitas tertua di Indonesia ini memiliki predikat terbaik untuk jurusan akuntansi. Alumni universitas di Yogyakarta Yogyakarta yang telah menempuh pendidikan jurusan akuntansi ini telah berhasil menjadi direktur keuangan dan setingkat eselon di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional dan BUMN dan tentunya di instansi pemerintahan.

2. Universitas Airlangga Surabaya

Tidak bisa dipungkiri salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya ini masih tak tertandingi sebagai salah satu kampus dengan jurusan akuntansi terbaik. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pendaftar yang selalu melimpah dengan kuota penerimaan sekitar 12% dari total jumlah pendaftar.

3. Universitas Padjajaran Bandung

Salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung ini juga sangat terkenal dengan mahasiswa berprestasinya yang mengambil jurusan akuntansi. Jurusan akuntansi di Unpad juga memiliki banyak bidang studi seperti Akuntansi dan Perpajakan Syariah, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, dan Sistem Informasi Akuntansi, serta Auditing.

4. Universitas Indonesia

Ekonom ini merupakan lulusan universitas yang berdiri sejak tahun 1950-an. Sejauh ini, reputasi UI sebagai kampus dengan lulusan jurusan akuntansi terbaik tidak perlu diragukan lagi.

5. Universitas Bina Nusantara Jakarta

Universitas Bina Nusantara merupakan salah satu universitas swasta dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia. Pasti semua orang sudah tahu bahwa kampus ini memiliki fasilitas yang sangat memadai bahkan sangat mewah. Bahkan, saat ini mahasiswa memilih kuliah di kampus ini karena bisa melakukan pembelajaran jarak jauh.

6. Universitas Brawijaya Malang

Selama ini kota Malang masih mengandalkan Universitas Brawijaya Malang sebagai salah satu penyelenggara kursus akuntansi terbaik. Kampus ini merupakan salah satu kampus terfavorit bagi mereka yang ingin menuntut ilmu di kota pendidikan ini.

7. Universitas Kristen Petra Surabaya

Jurusan Akuntansi Bisnis di Petra UK dilengkapi dengan kurikulum pendidikan akuntansi modern sehingga mahasiswa dapat mempelajari lebih banyak kompetensi sebagai akuntan daripada sekedar menjadi bookkeeper atau bahkan score taker. Berbagai prestasi telah diraih mahasiswa Petra UK untuk kompetisi seperti karya tulis ilmiah, kompetisi akuntansi nasional, dan Quality Assurance di tingkat ASEAN.

8. Universitas Trisakti

Mereka yang memutuskan untuk kuliah S1 jurusan Akuntansi di kampus ini tidak salah pilih. Universitas Trisakti merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, dengan jurusan akuntansi yang juga telah meluluskan alumni-alumni terbaik di bidangnya.

9. Universitas Kristen Indonesia

UKI memang unggul dalam menghasilkan mahasiswa yang dapat menyelesaikan pengabdian masyarakat secara inovatif dan inovatif. Termasuk dalam bidang akuntansi. Kuliah di jurusan akuntansi di UKI telah menghasilkan lulusan yang kompeten dan adaptif di berbagai institusi, terutama di institusi gerejawi.

10. Universitas Atma Jaya Jakarta

Menarik untuk dicatat bahwa universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau online, terutama di masa pandemi. Jurusan akuntansi di Universitas Atma Jaya juga menerapkan metode pembelajaran terbaiknya di era pandemi.

11. Universitas Diponegoro Semarang

Salah satu universitas negeri di Semarang ini juga merupakan kampus tertua dengan jurusan akuntansi yang tak kalah favorit. Kurikulum juga disesuaikan dengan Standar Pendidikan Internasional dari International Accounting Education Standard Board (IAESB).

12. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Kuliah jurusan akuntansi di kampus ini termasuk dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang akuntansi untuk mendukung pembangunan nasional.

13. Universitas Pelita Harapan Jakarta

Dengan fasilitas yang sangat mewah, jurusan akuntansi di universitas ini mengembangkan suasana kebebasan yang didukung oleh teknologi informasi tanpa akademisi yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di kancah nasional dan internasional.

14. Universitas Widya Mandala Surabaya

Salah satu universitas swasta termahal di Surabaya ini juga sangat unggul untuk jurusan akuntansi. Alumni departemen ini memegang kendali di berbagai posisi penting di berbagai perusahaan raksasa di seluruh Indonesia.

15. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Terakreditasi A, jurusan akuntansi di USD juga menjadi favorit mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta. Sistem pendidikan yang baik juga mendukung kualitas jurusan ini.

16. Universitas Parahyangan Bandung

Jurusan akuntansi di kampus ini juga telah menerima banyak penghargaan internasional. Fasilitas pendukung juga sangat memadai sehingga proses pembelajaran sangat berkualitas.

17. Universitas Telkom Bandung

Saat ini jurusan akuntansi di universitas ini juga termasuk yang terbaik di Indonesia. Tak heran jika kampus ini selalu diminati oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Membuat laporan keuangan tentu bukan hal yang mudah. Bagi yang sudah merasa menguasai pelajaran akuntansi di SMK, bisa melanjutkan ke jurusan akuntansi. Laporan keuangan memerlukan analisis yang cermat karena hal ini akan sangat berguna bagi suatu perusahaan. Bahkan seorang akuntan tidak hanya menganalisis tetapi menilai laporan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.