Fakultas Kedokteran Terbaik Di Indonesia

Daftar 15 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

15 Universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia – Jurusan kedokteran di salah satu kampus merupakan jurusan yang paling banyak diminati dibandingkan dengan jurusan lainnya. Lulusan kedokteran yang berhasil menjadi dokter umum hingga dokter spesialis dianggap memiliki kehidupan yang sejahtera.

Tak heran jika mahasiswa yang lolos seleksi masuk fakultas kedokteran akan merasa bangga. Kedua orang tua juga akan merasa senang karena anak dapat berkontribusi di bidang kesehatan. Jika Anda tertarik untuk masuk dan menjalani perkuliahan di bidang kesehatan, berikut 15 Universitas jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan referensi

15 Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Pemeringkatan fakultas kedokteran terbaik di Indonesia membuat calon mahasiswa semakin bersemangat untuk bisa kuliah di fakultas tersebut. Semakin baik akreditasi dan kualitas universitas dengan jurusan kedokteran, maka semakin luas pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan di bidang kesehatan. Saat ini, prospek pekerjaan sebagai tenaga kesehatan cukup menjanjikan. Dokter akan selalu dibutuhkan dimanapun, termasuk fasilitas kesehatan di daerah terpencil. Sebenarnya, Anda bisa memilih universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan kedokteran. Namun, masih ada universitas yang memiliki jurusan pendidikan kedokteran lain sebagai alternatif jika Anda belum diterima di perguruan tinggi kedokteran terbaik.

1. Universitas Airlangga

Bersiaplah untuk mengikuti ujian masuk yang cukup ketat jika Anda berminat mengambil jurusan kedokteran di Universitas Airlangga, Surabaya. Kampus yang mendapat akreditasi A pada 2015 ini menyediakan kapasitas 100 kursi dalam seleksi SBMPTN untuk jurusan kedokteran. Tentunya, kualitas lulusan Universitas Airlangga jurusan kedokteran ini tentunya akan meningkatkan persaingan. Agar bisa diterima, Anda bisa mengetahui jalur ujian masuk UNAIR dan menyesuaikan dengan kemampuan Anda untuk bisa diterima.

2. Universitas Diponegoro

Melanjutkan studi pendidikan kedokteran di Semarang menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya. Fakultas Kedokteran UNDIP telah mendapatkan akreditasi A BAN-PT pada tahun 2017. Mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan kedokteran di UNDIP tidak hanya mendapatkan pembekalan teori, tetapi juga kesempatan untuk praktek di rumah sakit berskala nasional milik kampus tersebut. Persiapkan diri dengan baik karena kuota untuk mahasiswa kedokteran jurusan UNDIP juga tidak terlalu banyak sehingga persaingan akan semakin ketat.

3. Universitas Sebelas Maret

Kampus ternama di kota Solo ini memiliki jurusan kedokteran yang alumninya telah sukses dan tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin menjadi dokter profesional, bisa langsung mendaftar ke jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran UNS. Jangan khawatir, fakultas kedokteran di UNS sudah mendapatkan akreditasi A. Ada juga departemen psikologi sains dan teknologi untuk dipertimbangkan jika Anda tertarik menjadi psikolog.

4. Universitas Brawijaya

Anda bisa mendapatkan jurusan kedokteran di Kota Malang dengan mendaftar di Universitas Brawijaya. Kampus ini menduduki peringkat teratas dalam kategori pendaftar terbanyak pada seleksi SBMPTN 2019. Bisa dibayangkan betapa ketatnya persaingan untuk bisa lolos ke fakultas kedokteran di kampus itu, apalagi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sudah mendapat akreditasi A.

5. Universitas Gadjah Mada

Kampus yang terletak di Yogyakarta ini sebenarnya merupakan salah satu dari tiga kampus terbaik di Indonesia, tak terkecuali jurusan kedokteran. Sejak tahun 2014, fakultas kedokteran UGM telah memiliki akreditasi A. Manfaat kuliah di UGM sangat beragam, salah satunya mendapatkan biaya hidup yang murah di kota pelajar. Anda dapat menyiasati biaya kuliah yang mahal di departemen medis dengan mencari peluang beasiswa.

6. Universitas Indonesia

Jurusan kedokteran ditawarkan di kampus tertua di Indonesia yang terletak di Jakarta. Jika Anda ingin masuk ke fakultas kedokteran UI, Anda harus mulai mencari cara untuk masuk yang sesuai dengan kemampuan Anda. Ada banyak jalur yang ditawarkan untuk diterima sebagai mahasiswa jurusan kedokteran di UI. Karena sudah memiliki akreditasi A, tidak perlu diragukan lagi lulusan dari jurusan kedokteran UI.

7. Universitas Hasanuddin (Unhas

Jika Anda ingin melanjutkan studi ke jurusan kedokteran di Makassar, Universitas Hasanuddin adalah pilihan yang paling tepat. Kampus ini sudah menyandang predikat A di jurusan kedokterannya. Oleh karena itu, persaingan untuk diterima sebagai mahasiswa kedokteran di Unhas cukup ketat. Selain itu, jurusan kedokteran di Unhas juga menjadi salah satu jurusan favorit yang banyak diminati selama SBMPTN 2019.

8. Universitas Mataram

Anda yang berada di pulau lombok bisa mencoba jurusan kedokteran di universitas mataram atau unram. Kampus ini sudah memiliki akreditasi A untuk jurusan pada tahun 2017. Selain bisa mendapatkan materi perkuliahan dari dosen ahli, di Universitas Mataram kamu juga akan menjalani serangkaian kegiatan praktikum untuk menjadi lebih berkompeten setelah lulus dari kampus.

9. Universitas Padjajaran (Unpad)

Kampus-kampus di Bandung memang cukup banyak peminatnya, tak terkecuali Universitas Padjadjaran. Persaingan untuk masuk ke fakultas kedokteran yang telah terakreditasi A di UNPAD juga sangat ketat. Jurusan kedokteran di UNPAD memiliki banyak peminat, seperti halnya jurusan manajemen yang setiap tahun memiliki ribuan pelamar.

10. Universitas Udayana

Kampus di Bali yang menawarkan jurusan kedokteran adalah Universitas Udayana. Tentu saja, departemen tersebut telah mendapatkan akreditasi A yang akan membuat karir Anda semakin mudah setelah lulus. Selain bisa kuliah di kampus favorit di Pulau Dewata, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan alam di Bali yang terkenal indah.

11. Universitas Sam Ratulangi Manado (Unsrat)

Jurusan kedokteran terbaik tidak hanya terdapat di pulau Jawa. Anda yang berasal dari Sulawesi bisa menggunakan Universitas Sam Ratulangi Manado sebagai tujuan studi. Kualitas jurusan kedokteran di kampus tersebut telah mendapat akreditasi A.

12. Universitas Andalas (Unand

Kota Padang memiliki Universitas Andalas yang menyediakan jurusan kedokteran. Sebagai salah satu jurusan favorit di kampus, perjuangan untuk masuk ke Universitas Andalas tentu tidak mudah. Namun, jika sudah diterima sebagai salah satu mahasiswa, banyak ilmu yang bisa didapat dari dosen-dosen yang berkualitas dan mendapatkan peluang jenjang karir yang cerah. Universitas Andalas juga telah meraih akreditasi A pada tahun 2016.

13. Universitas Jember (Unej)

Kampus di Jawa Timur yang juga menjadi kampus favorit adalah Universitas Jember. Sebagai PTN terbesar di Jawa Timur, kampus ini menyediakan jurusan kedokteran terakreditasi A. Anda tidak hanya akan dituntut untuk memahami teori, tetapi juga menguasai berbagai macam kegiatan praktis. Lulusan Universitas Jember jurusan kedokteran sangat dicari di institusi kesehatan di Jawa Timur. Jadi, tidak perlu khawatir dengan masalah karir.

14. Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus swasta yang cukup populer di kota pelajar untuk jurusan kedokterannya adalah Universitas Islam Indonesia. Kampus ini juga termasuk dalam kampus kedokteran terbaik di Indonesia. Banyak yang mengira biaya masuk jurusan kedokteran UII sangat mahal. Namun, Anda dapat memaksimalkan potensi Anda dengan belajar lebih keras untuk mendapatkan beasiswa.

15. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Tertarik untuk bergabung dengan kampus milik selebriti Indonesia? Universitas Pelita Harapan adalah jawabannya. Tidak hanya terkenal sebagai kampus para seniman, kampus ini menawarkan jurusan kedokteran di bawah Fakultas Kedokteran yang terakreditasi A.

Perjuangan untuk masuk ke Fakultas Kedokteran terbaik sangat tidak mudah. Bahkan, bagi sebagian orang, dibutuhkan banyak pertanyaan yang masuk untuk akhirnya berhasil. Anda harus merantau ke kota lain, bahkan pulau lain untuk mendapatkan universitas yang sesuai dengan jurusan pendidikan kedokteran dan mengejar impian menjadi dokter, Jadi teruslah raih mimpi setinggi mungkin karena suatu saat kalian akan menggapai tujuan akan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.