Universitas dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia 2022

17 Universitas dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia 2022

Universitas Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia 2022 – Teknik Mesin mempelajari penerapan prinsip-prinsip fisik untuk analisis, desain, dan pembuatan dan pemeliharaan sistem mekanik. Teknik mesin membutuhkan konsep mendalam tentang kinematika, mekanika, teknik material, dan termodinamika. seperti matematika, fisika, kimia, dan juga teknologi informasi.

Indonesia memiliki banyak kampus yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari kampus-kampus yang bersifat publik dan swasta.

Universitas Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Ada banyak jenis jurusan di setiap kampus. Bahkan, beberapa kampus memiliki jurusan terbaik, salah satunya Teknik Mesin. Lalu kampus mana saja yang memiliki jurusan Teknik Mesin terbaik di Indonesia:

1. Institut Teknologi Bandung

Menjadi bagian dari FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara), tak heran jika prodi teknik mesin ITB mendapat akreditasi A dari BAN PT.
Di program studi teknik mesin ITB, Anda akan belajar tentang konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin seperti mesin pembakaran, sistem termal, mesin fluida. Selain itu, di program studi ini, Anda akan belajar tentang desain mesin yang efisien, mulai dari gambar teknik, pemodelan, simulasi prototipe mesin.

2. Universitas Indonesia

Teknik mesin UI adalah bagian dari Arsitektur Arsitektur UI. Program studi ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Selain itu, teknik mesin UI juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari ASEAN University Network (AUN) 2008 di bawah jurusan teknik sipil.
Teknik Mesin UI juga menyelenggarakan program fast track bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan sarjana dan pascasarjana dalam waktu 5 tahun.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan kualitas pendidikannya di bidang teknik dengan meraih akreditasi internasional, yaitu Badan Akreditasi Teknik dan Teknologi (ABET). Ada 4 prodi yang telah mendapatkan akreditasi dari ABET diantaranya prodi Teknik Mesin.

4. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

Teknik mesin ITS bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru untuk mendaftar di sini karena telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Departemen Teknik Mesin ITS memiliki tiga bidang studi yaitu Konversi Energi, Desain, dan Teknik Produksi. Bidang konversi energi mempelajari bagaimana mengubah energi dari sumbernya menjadi energi yang berguna. Bidang Studi Desain mempelajari bagaimana merancang sebuah alat mesin. Bidang studi teknik produksi mempelajari cara memproduksi benda atau bagian mesin dari segi teknik, proses dan manajemen.

5. Universitas Sebelas Maret

UNS yang merupakan salah satu kampus favorit di kota Solo juga memiliki program studi Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Mesin. Kedua prodi tersebut masing-masing juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Selain kelima kampus di atas, berikut ini adalah kampus dengan program studi teknik mesin yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)
7. Universitas Brawijaya
8. Universitas Sumatera Utara
9. Universitas Negeri Malang
10. Universitas Islam Indonesia
11. Universitas Negeri Semarang
12. Universitas Negeri Yogyakarta
13. Universitas Hassanuddin
14. Universitas Syiah Kuala
15. Universitas Gunadarma
16. Universitas Udayana
17. Universitas Pancasila

Lulusan teknik mesin memiliki prospek kerja yang sangat luas di berbagai perusahaan swasta dan instansi pemerintah. Lulusan teknik mesin dapat bekerja di bidang otomotif, minyak dan gas, manufaktur, konstruksi, dan bidang pembangkit energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.