9 Universitas di Jawa Barat dengan Peminat Terbanyak

6 Universitas Terbaik di Jawa Barat dengan Peminat Terbanyak

6 Universitas di Jawa Barat dengan Peminat Terbanyak

6 Universitas di Jawa Barat – Dengan cakupan wilayah yang cukup luas, fasilitas pendidikan khususnya perguruan tinggi di Jawa Barat masuk dalam 30 besar daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang diterbitkan oleh 4 International College & Universities UniRank, pemeringkatan universitas dunia lembaga yang mengukur peringkat universitas.

Provinsi Jawa Barat merupakan daerah terluas kedua di pulau Jawa setelah Jawa Timur. Perkembangan wilayah sangat pesat, lengkap dengan berbagai fasilitas penting yang diunggulkan salah satunya fasilitas pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perguruan tinggi di Jawa Barat menempati urutan teratas dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Perguruan Tinggi di Jawa Barat Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus utama UI terletak di bagian utara Depok, Jawa Barat. Tepatnya di perbatasan antara Depok dan Jakarta Selatan. UI juga memiliki kampus lain di kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

UI sendiri merupakan salah satu dari tiga perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta) dan Universitas Airlangga (Surabaya). Kampus yang terkenal dengan jaket kuningnya ini sangat terbuka, multikultural, dan humanis, dengan disiplin ilmu yang luas.

Lokasi: Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB adalah sebuah universitas di Jawa Barat yang terletak di jalan raya Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selain kampus di Dramaga, juga terdapat 4 kampus lainnya yaitu di Baranangsiang, Gunung Gede, Cilibende, dan Taman Kencana.

Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB merupakan arsitektur pertanian di Universitas Indonesia. Pada tanggal 1 September 1963, Presiden Ir. Soekarno meletakkan batu pertama untuk pembangunan kampus yang resmi IPB sebagai universitas mandiri.

Lokasi: Jl. Raya Dramaga, Babakan, Kec. Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

3. Universitas Padjajaran (UNPAD)

UNPAD adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat, dengan kampus utama di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Secara resmi didirikan pada 24 September 1957.

PTN ini memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur, Bandung, dan Kampus Jatinangor, Sumedang. Kemudian ada dua Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU), yaitu Kampus PSDKU Pangandaran dan Kampus PSDKU Garut.

PTN ini didirikan atas prakarsa tokoh masyarakat Jawa Barat yang menginginkan perguruan tinggi tempat pemuda-pemudi Jawa Barat bisa mengenyam pendidikan tinggi guna menyiapkan calon pemimpin masa depan.

Lokasi: Hegarmanah, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI merupakan salah satu perguruan tinggi di Jawa Barat yang berstatus negeri. Sebelumnya kami sering dikenal dengan IKIP, dan berubah menjadi UPI pada 7 Oktober 1999.

Pada awal berdirinya yaitu pada tahun 1954 di Bandung bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa.

Kesadaran akan upaya mencerdaskan dan mencerdaskan bangsa saat itu dianggap penting dalam pengisian. Saat itu, Indonesia yang baru merdeka sangat haus akan pendidikan. Sehingga perlu disiapkan guru yang berkualitas dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung, Jawa Barat.

Perguruan Tinggi di Jawa Barat Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Dengan jumlah PTS di Jawa Barat yang berstatus swasta yaitu sekitar 59 PTS, maka persaingan dalam memenuhi standar mutu masing-masing PTS terus meningkat.

Tentu saja alasan utama memilih PTS karena peluang diterima lebih besar karena kuota tentu lebih banyak daripada di PTN. Sehingga peluang untuk melanjutkan pendidikan di tingkat universitas semakin terbuka.

5. Universitas gunadarma

Universitas Gunadarma (UG) atau biasa disebut Gunadarma merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat. Kampus utama terletak di Kota Depok, Jawa Barat.

Awalnya pada tahun 1981 bernama Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK), 4 tahun kemudian diubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma). 6 tahun setelah itu berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma).

Lokasi : JL. Akses UI, Gunung Pasir Sel., Kecamatan. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

6. Universitas Presiden

Perguruan tinggi di Jawa Barat ini tergolong baru dengan status swasta namun memiliki banyak peminat. Terletak di Jababeka Education Park di Kawasan Industri Jababeka, Bekasi, Jawa Barat.

Cikal bakal berdirinya President’s University dimulai pada tahun 2001 dengan nama Cikarang Technical College, dan diresmikan sebagai President’s University pada tahun 2004.

Lokasi: Taman Edukasi Jababeka, Jl. Ki Hajar Dewantara, Mekarmukti, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.